Mobil Tercepat di Dunia Dengan Kecepatan Melebihi Kecepatan Suara
Bloodhound SSC begitu kira-kira nama mobil tercepat di dunia ini.Mobil yang di ambil dari nama rudal supersonik milik Inggris yang digunakan semasa perang dingin ini digadang-gadang mampu menjadi mobil tercepat dengan kecepatan 1.600 km/jam mengungguli kecepatan suara yang hanya mencapai 1.238km/jam.
Kecepatan ini diharapkan akan memecahkan rekor baru mobil tercepat pada tahun 2016 yang sebelumnya pernah dipecahkan pada tahun 1997 dengan kecepatan 1.228 km/jam.
Menurut para ilmuan yang terlibat dalam pembuatannya, kecepatan mobil yang telah menelan dana 12 juta Pounsterling ini bisa ditingkatkan menjadi 1690 km/jam atau setara dengan kecepatan sebutir peluru yang ditembakan Revolver 357 Magnum.
Sebagai kendaraan kecepatan super-tinggi Bloodhound SSC dirancang melalui riset aerodinamika mendalam, penggunaan material berteknologi tinggi, serta teknologi permesinan mutakhir.
Untuk dapur pacu sendiri, Bloodhound SSC menyandingkan mesin jet Eurofighter Typhoon dengan roket yang dapat menghasilkan dorongan 20 ribu kgf. Selain itu, Logam terkuat dari bahan titanium kualitas tinggi juga sengaja digunakan untuk bagian roda Bloodhound SSC yang masing-masing bergaris tengah 900 milimeter ditambah dua buah parasut serta rem angin atau airkabel untuk menghentikan laju kendaraan yang berbobot 6,4 ton ini.
Desain
Aerodinamika
The College of Engineering di Swansea University telah banyak terlibat dalam bentuk aerodinamis kendaraan dari awal. Profesor Oubay Hassan, Profesor Ken Morgan dan tim mereka telah menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk memberikan pemahaman tentang karakteristik aerodinamis dari bentuk yang diusulkan, pada semua kecepatan, termasuk memprediksi kemungkinan vertikal, lateral dan gaya untuk drag dari kendaraan serta stabilitas keolengan. Teknologi ini, awalnya dikembangkan untuk industri kedirgantaraan, divalidasi untuk kendaraan darat selama masa desain ThrustSSC. Ini terkait dengan rekor kecepatan darat sebelumnya yang mendorong Richard Noble mendekati Swansea pada bulan April 2007 untuk meminta bantuan mereka dengan tantangan baru ini. Swansea University's School of Environment and Society juga meminta untuk membantu menentukan situs tes baru untuk rekor sebagai situs uji untuk upaya mencetak rekor ThrustSSC menjadi tidak cocok.
Mesin
Sebuah prototipe mesin jet EJ200 Eurojet dikembangkan untuk Eurofighter yang ada di museum, dan disumbangkan ke proyek ini. Ini akan membuat sebuah mobil ke 300 mph (480 km / jam), setelah sebuah roket hibrida dipesan lebih dahulu dirancang oleh Nammo akan meningkatkan laju mobil hingga 1.000 mil per jam (1.609 km / jam). Sebuah mesin ketiga, Jaguar supercharged V-8, akan digunakan sebagai unit daya tambahan dan untuk menggerakkan pompa oxidizer untuk roket.
Pengujian pengembangan Bloodhound SSC motor roket hibrida awal dilakukan oleh Daniel Jubb. The Falcon Project dengan tes yang dilakukan pada 2008-2013. Tes publik yang diungkapkan dilakukan pada tahun 2009 dan 2012 termasuk melaju di Bandara Newquay di GB. Selain dirancang, diproduksi dan uji menembakkan diameter penuh, monopropellant HTP thruster untuk tes tanah subsonik untuk Bloodhound SSC." Tim Bloodhound telah mengembangkan unit daya hybrid sendiri yang bekerjasama dengan Manchester berdasarkan Falcon Project Ltd, dan memberi roket ini untuk uji tembak pertama pada Oktober 2012.
Dan meskipun demonstrasi ini dianggap sukses pada saat itu, namun jelas bahwa jumlah uang yang besar dan waktu akan diperlukan akan sebanding untuk menyempurnakan desainnya. The Nammo roket hibrida akan menggunakan cairan-test tinggi peroksida dan padat hidroksil-diakhiri polibutadiena.
Roda
Empat roda dengan diameter 36-inch (910 mm) akan berputar sampai dengan 10.200 rpm dan terbuat dari aluminium padat untuk menahan 50.000 g dari kekuatan sentrifugal.
No comments:
Post a Comment